Pemetaan Sebaran Kegiatan Berisiko Lingkungan Propinsi Sulawesi Tenggara

Kamis, 13 Oktober 2022, 09:19:56 WITA, Wilayah Layanan

Berdasarkan pemetaan tersebut terlihat bahwa sebaran kegiatan berisiko lingkungan di Provinsi Sulawesi Tenggara diantaranya: Tambang Galian C, Tambang Nikel, Tambang Aspal, Tambang Batu Kapur, Tambang Bijih Emas, Tambang Emas dan Tambang Emas Rakyat, Tambang Kromit, dan Tambang Mangan. Adapun faktor risiko lingkungan yang dapat terjadi dari sebaran kegiatan tersebut : Secara fisik yaitu resiko kebisingan dan pencemaran udara  dari setiap proses kegiatan, Secara kimia pencemaran logam berat dan limbah B3 dari bahan yang digunakan, dan Secara biologi kerusakan biota dan badan air akibat dari limbah yang dihasilkan.
Sumber data diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun 2019 dan website Portal Media Pemberitaan Sulawesi Tenggara

Pemetaan Sebaran Kegiatan Berisiko Lingkungan Propinsi Sulawesi Selatan

Kamis, 13 Oktober 2022, 09:18:39 WITA, Wilayah Layanan

Berdasarkan pemetaan tersebut terlihat bahwa sebaran kegiatan berisiko lingkungan di Provinsi Sulawesi Selatan diantaranya:        Galena (Timah Hitam), Industri Kapal, Industri Marmer,  Industri Semen, Industri Tekstil, KIMA (Kawasan Industri Makassar), Logam Dasar, Pabrik Smelter Nikel, Tambang Emas Rakyat, dan Tambang Galian C.
Adapun faktor risiko lingkungan yang dapat terjadi dari sebaran kegiatan tersebut :  Secara fisik yaitu resiko kebisingan dan pencemaran udara  dari setiap proses kegiatan, Secara kimia pencemaran logam berat dan limbah B3 dari bahan yang digunakan, dan Secara biologi kerusakan biota maupun badan air akibat dari limbah yang dihasilkan.
Sumber data diperoleh dari Kementerian Perindustrian, Situs Berita Lingkungan (Mongabay), dan website Portal Media Pemberitaan Sulawesi Selatan.

Pemetaan Sebaran Kegiatan Berisiko Lingkungan Propinsi Sulawesi Barat

Kamis, 13 Oktober 2022, 09:16:55 WITA, Wilayah Layanan

Berdasarkan pemetaan tersebut terlihat bahwa sebaran kegiatan berisiko lingkungan di Provinsi Sulawesi Barat diantaranya: Industri CPO (Crude Palm Oil), Logam Bijih Besi, dan Tambang Galian C.
Adapun faktor risiko lingkungan yang dapat terjadi dari sebaran kegiatan tersebut. Secara fisik yaitu resiko kebisingan dan pencemaran udara dari setiap proses kegiatan, Secara kimia pencemaran limbah dari bahan yang digunakan, dan Secara biologi kerusakan biota dan badan air akibat dari limbah yang dihasilkan.
Sumber data tersebut diperoleh dari website Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulbar Tahun 2018 dan Kementerian Perindustrian.

Pemetaan Sebaran Kegiatan Berisiko Lingkungan Propinsi Sulawesi Tengah

Kamis, 13 Oktober 2022, 09:15:44 WITA, Wilayah Layanan

Berdasarkan pemetaan tersebut terlihat bahwa sebaran kegiatan berisiko lingkungan di Provinsi Sulawesi Tengah diantaranya:Industri CPO (Crude Palm Oil), Industri Marmer, Industri Migas, Pertambangan Nikel,  Pertambangan Emas Rakyat,     Tambang Galian C.
Adapun faktor risiko lingkungan yang dapat terjadi dari sebaran kegiatan tersebut, yaitu : Secara fisik yaitu resiko kebisingan dari setiap proses kegiatan, Secara kimia pencemaran logam berat dari bahan yang digunakan, dan Secara biologi kerusakan biota dan badan air akibat dari limbah dihasilkan.
Sumber data tersebut diperoleh dari website Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tengah 2017, Kementerian Perindustrian, Minerba One Data Indonesia (MODI) serta website Portal Media Pemberitaan Sulawesi Tengah.

Pemetaan Hasil Kajian Faktor Risiko Penyakit Tular Air

Kamis, 13 Oktober 2022, 09:13:03 WITA, Wilayah Layanan

Pemetaan di atas merupakan Hasil Kajian Faktor Risiko Penyakit Tular Air Menurut  Kualitas mikrobiologis sampel air di wilayah layanan BTKLPP Kelas I Makassar tahun 2018 sampai 2021. Berdasarkan hasil kajian dari sampel yang diperiksa di wilayah Layanan BTKLPP Kelas I Makassar Tahun 2018-2021 dapat dipetakan faktor risiko penyakit tular air menurut kualitas mikrobiologis, di masing-masing Kabupaten di wilayah Layanan BTKLPP Kelas I Makassar. Pemetaan tersebut menunjukkan bahwa hasil kajian di Kabupaten Toli-toli (2021) memiliki persentase tertinggi sampel air yang tidak memenuhi syarat secara mikrobiologis yaitu 100%, dari 2 sampel Air Minum yang diperiksa pada TPM di Kabupaten Toli-toli tersebut tidak ada yang memenuhi syarat secara mikrobiologis. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah dilakukan kajian lebih lanjut mengenai kualitas air minum di Kabupaten Toli-toli untuk mendapatkan gambaran yang lebih objektif mengenai Faktor risiko tular air dengan jumlah sampel yang memadai.  Sedangkan untuk persentase terendah di Kabupaten Pinrang sebesar 7%, dari 30 sampel air minum yang diperiksa hanya 1 yang tidak memenuhi syarat mikrobiologis. Sehingga secara umum, faktor risiko tular air di wilayah layanan BTKLPP Kelas I Makassar Tahun 2018-2021 berkisar antara 0 – 100%.

Pemetaan Hasil Kajian Faktor Risiko Penyakit Tular Makanan

Kamis, 13 Oktober 2022, 09:12:23 WITA, Wilayah Layanan

Pemetaan di atas merupakan Hasil Kajian Faktor Risiko Penyakit Tular Makanan Menurut  Kualitas mikrobiologis sampel makanan di wilayah layanan BTKLPP Kelas I Makassar tahun 2018 sampai 2021. Berdasarkan hasil kajian dari sampel yang diperiksa di wilayah Layanan BTKLPP Kelas I Makassar Tahun 2018-2021 dapat dipetakan faktor risiko penyakit tular makanan menurut kualitas mikrobiologis, di masing-masing Kabupaten di wilayah Layanan BTKLPP Kelas I Makassar, pemetaan tersebut menunjukkan bahwa persentase hasil kajian pada Kabupaten yang dilakukan kajian makanan nilainya berada di bawah 10% untuk sampel yang tidak memenuhi syarat. persentase tertinggi sampel makanan yang tidak memenuhi syarat secara mikrobiologis berasal dari di Kabupaten Barru (2021) yaitu 7%, dimana dari 15 sampel yang diperiksa hanya 1 sampel yang tidak memenuhi syarat. Sehingga secara umum, faktor risiko tular makanan di wilayah layanan BTKLPP Kelas I Makassar Tahun 2018-2021 berkisar antara 0 – 10%. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah tetap melakukan pengawasan secara berkala dan dapat dilakukan kajian lebih lanjut.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Direktorat Jenderal Pencegahan & Pengendalian Penyakit
Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP)
Kelas I Makassar.


  • Pro Rakyat
  • Inklusif
  • Responsif
  • Efektif
  • Bersih

Statistik

095686

Pengunjung hari ini : 68
Total pengunjung : 095686

Hits hari ini :101
Total Hits : 306903

Pengunjung Online: 1


Copyright BTKLPP Makassar 2023