Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59

Selasa, 07 November 2023, 02:01:03 WITA, Dibaca : 127 kali

Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati pada tanggal 12 November setiap tahunnya. Peringatan Hari Kesehatan Nasional merupakan momentum yang tepat untuk membangun kesadaran masyarakat agar lebih mengedepankan upaya promotif dan preventif kesehatan dibandingkan upaya kuratif. Kemenkes RI mengusung tema “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju” sebagai tema peringatan HKN ke-59 tahun 2023 ini.
Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Makassar sebagai salah satu satuan kerja Kemenkes RI turut serta menyemarakkan peringatan HKN ke-59 dengan melaksanakan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat.
Pada Sabtu, 4 November 2023, BTKLPP Kelas I Makassar bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Makassar melaksanakan kegiatan skrining Penyakit Tidak Menular (PTM), edukasi kesehatan lingkungan dan aksi bersih pantai di Pulau Kodingareng yang masih menjadi bagian wilayah pengawasan BTKLPP Kelas I Makassar.
Kegiatan yang dikoordinir langsung oleh Kepala Sub Bagian Administrasi Umum BTKLPP Kelas I Makassar, Mahyuddin Asang, SKM, M.Kes, ini mendapatkan sambutan yang baik oleh pimpinan daerah dan Puskesmas Kodingareng. Lurah Kodingareng, Ronny Catur Prabowo, menyampaikan bahwa permasalahan di pulau memang cukup kompleks, terutama soal pengelolaan sampah dan sanitasi. Sehingga beliau sangat berterima kasih dan berharap momen ini dapat meningkatkan kesadaran warga untuk peduli kebersihan lingkungannya.
Saat ini pemerintah berusaha meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Hal ini disampaikan oleh Kepala BTKLPP Kelas I Makassar Yohanis Rapa Patari, SE, M.Kes, bahwa upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat harus dilakukan secara menyeluruh, salah satunya yang perlu mendapatkan perhatian adalah kesehatan masyarakat di kepulauan. Melalui kegiatan ini, beliau mengajak masyarakat untuk lebih memperhatikan kebersihan lingkungan karena sangat terkait dengan timbulnya penyakit menular. Masyarakat diharapkan mampu untuk mengelola sampah rumah tangganya sendiri dengan merapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kesehariannya.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Nursaidah Sirajuddin,M.Kes., dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa kegiatan skrining PTM bertujuan untuk mendeteksi secara dini agar diketahui seberapa tinggi kasus PTM di Pulau Kodingareng sehingga akan menjadi perhatian dinas kedepannya. Beliau berharap setelah kegiatan ini dapat mendorong kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kesehatan secara mandiri di fasilitas kesehatan. Kegiatan promotif dan prefentif di puskesmas harus lebih maksimal, sehingga nantinya kunjungan yang sehat akan lebih banyak dibandingkan kunjungan yang sakit.  

(Berita ini disampaikan oleh BTKLPP Kelas I Makassar. BTKLPP Kelas I Makassar menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BTKLPP Kelas I Makassar tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun).

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Direktorat Jenderal Pencegahan & Pengendalian Penyakit
Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP)
Kelas I Makassar.


  • Pro Rakyat
  • Inklusif
  • Responsif
  • Efektif
  • Bersih

Statistik

137369

Pengunjung hari ini : 19
Total pengunjung : 137369

Hits hari ini :29
Total Hits : 403816

Pengunjung Online: 1


Copyright BTKLPP Makassar 2024