Survei Perilaku Vektor Malaria di Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan

Senin, 04 Juli 2022, 02:26:44 WITA, Dibaca : 60 kali

Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan merupakan wilayah layanan yang memiliki daerah dataran tinggi dan dataran rendah dan masih terdapat kasus walaupun kasus import, sehingga perlu dilakukan survey perilaku vector malaria untuk mendapatkan data entomologis guna mencegah munculnya kembali kasus malaria dengan penularan pada kabupaten/kota yang telah mendapatkan sertifikat eliminasi malaria.
Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 27 Juni-2 Juli 2022, Tim BTKLPP Kelas I Makassar yang terdiri dari Muhammad Akbar Gani, SKM (Epidemiolog Kesehatan), Naswir, S.Si, M.Si (Entomolog Kesehatan Ahli), Nurhayati, S.Si (Entomolog Kesehatan Ahli Muda), Erlina Hamzah, SKM (Entomolog Kesehatan Ahli Pertama) bersama dengan Tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, adapun kegiatan yang dilakukan antara lain OJT di PKM Kampala, OJT di PKM Tengngalembang, penangkapan nyamuk, identifikasi nyamuk, pengamatan kondisi perut, pembedahan nyamuk, preparasi PCR nyamuk dan survei jentik dipagi dan malam hari.
Hasil kegiatan survey perilaku vector malaria yang didapatkan adalah Jenis nyamuk An. vagus, An. kochii, An. tesselatus, An. Nigerrimus, An. barbirostris dan survey jentik didapatkan habitat yang positif jentik diantaranya di sawah tidak produktif, parit, sungai.

Informasi ini disampaikan oleh BTKLPP Kelas I Makassar menuju pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Informasi selengkapnya dapat menghubungi (0411-871620) atau email btklmakasasr@gmail.com

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Direktorat Jenderal Pencegahan & Pengendalian Penyakit
Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP)
Kelas I Makassar.


  • Pro Rakyat
  • Inklusif
  • Responsif
  • Efektif
  • Bersih

Statistik

081111

Pengunjung hari ini : 89
Total pengunjung : 081111

Hits hari ini :194
Total Hits : 268643

Pengunjung Online: 3


Copyright BTKLPP Makassar 2022